| avt.li/msf" />

Orang-orang bilang ke Gili Trawangan itu susah. Perjalanannya panjang, biayanya mahal, liburan merepotkan. Hey, tidak begitu! Yang terpenting adalah mengetahui cara yang paling tepat untuk liburanmu. Berikut ini kami sediakan cara-cara paling ideal untuk mengunjungi Gili Trawangan.

Sudah pernahkah kamu mengunjungi Gili Trawangan? Pulau kecil yang terletak di lepas pantai barat laut Lombok ini sudah dikenal hingga mancanegara dengan pasir putihnya yang indah di sepanjang pantai. Air lautnya yang jernih seperti kristal dan pulaunya yang relatif lebih bebas dari sampah dibanding pantai-pantai populer lainnya menjadikan tempat ini salah satu pulau terbaik di antara destinasi wisata lain yang ada di Indonesia.

Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia bagi turis asing maupun lokal. Bagaimana tidak, bukan hanya pemandangan alam yang indah, penduduk yang ramah, budaya khas Nusa Tenggara Barat yang masih terjaga, dan biaya berlibur yang relatif murah, tempat ini juga memiliki berbagai pilihan aktivitas hiburan yang menarik bagi pengunjungnya.

Di pulau surgawi ini kamu bisa mengarungi ombak di lautan Trawangan dengan papan selancar atau kamu juga bisa mencoba mengayuh kayak. Selain itu, dengan air laut yang begitu jernih di Gili Trawangan, kamu juga bisa menikmati indahnya terumbu karang dan biota laut yang ada di sekitar pulau dengan melakukan snorkeling. Di pulau ini bahkan tersedia layanan scuba diving yang sudah tersertifikasi. Water sports? Banana boat? Flying donut dan wisata air lainnya? Tidak perlu ditanya. Banyak pilihan yang tersedia di pulau ini!

Poin plus lainnya dari Gili Trawangan adalah, seperti dua gili (pulau) di dekatnya, yakni Gili Meno dan Gili Air, pulau ini juga bebas dari polusi asap kendaraan. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah setempat yang melarang penggunaan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat di seluruh pulau. Oleh karena itu masyarakat Gili Trawangan dan pengunjung biasanya berjalan kaki, bersepeda, menunggangi kuda atau menggunakan Cidomo, kendaraan khas sejenis delman untuk bepergian dan menjelajah pulau. Meski dipenuhi turis, budaya dan tradisi lokal yang ada juga tetap terjaga di tiga pulau kecil di dekat Lombok ini.

Mengunjungi Gili Trawangan juga dapat dilakukan dengan berbagai gaya. Banyak wisatawan yang berlibur bersama rombongan keluarga, kantor, atau kerabat terdekatnya memilih menikmati perjalanan dengan private boat dan menginap di resort eksekutif yang mewah. Ada juga yang lebih senang pergi sebagai solo backpacker untuk menjelajahi dan menikmati keindahan pulau ini sendirian. Dengan biaya transportasi dan penginapan hingga makan yang serba murah, perjalanan akan terasa lebih menantang dan penuh petualangan.

Orang-orang yang lebih sosial, senang bergaul, dan senang bertemu orang baru tanpa harus repot dalam perjalanan biasanya lebih menyukai open trip, ikut bersama rombongan tour Lombok, atau bergabung dengan kegiatan sosial seperti Sasambo Greeneration Camp. Tidak hanya mendapat teman baru, kamu juga bisa belajar hal-hal baru dan berwisata dengan lebih santai mengingat jadwal kegiatan dan perjalananmu sudah diatur oleh penyelenggara.

Ingin menginap di hostel atau homestay murah gaya backpacker, menikmati kamar di resort mewah kelas eksekutif, atau bahkan berkemah di pesisir pantai menikmati langit malam yang bersih, semua bisa dilakukan di Gili Trawangan.

Namun untuk memulai wisata di pulau indah ini, tentunya kamu harus tahu lebih dulu bagaimana cara untuk mencapai Gili Trawangan. Biasanya, ada 2 jalur yang digunakan wisatawan, yakni menggunakan kapal dari Bali ke Lombok atau menyeberang ke Gili Trawangan dari Lombok. Berikut beberapa cara mengunjungi Gili Trawangan yang telah kami rangkum untuk kamu:

Wisata Mudah dan Cepat dengan Fast Boat dari Pelabuhan Padang Bai, Bali

Untuk kamu yang memulai liburan dengan terbang ke Bali, pilihan yang paling mudah untuk mencapai Gili Trawangan adalah dengan menggunakan fast boat. Perjalanan lebih cepat, lebih simpel, dan lebih praktis, pilihan ini akan membuat liburanmu lebih nyaman dan santai juga. Meski harus merogoh kocek yang agak besar, pilihan ini tentunya ideal bagi perjalananmu dari Bali ke Gili Trawangan.

Setelah sampai di Bandara I Ngurah Rai, Bali, kamu bisa menikmati suasana Kuta terlebih dahulu, atau langsung menuju penyedia jasa fast boat di sekitar Legian. Di sepanjang jalan itu banyak tersedia loket-loket agen travel yang menyediakan transportasi menuju Gili Trawangan.

Jasa yang ditawarkan biasanya termasuk sewa mobil atau penjemputan dari Kuta ke Pelabuhan Padang Bai, serta biaya direct fast boat dari Pelabuhan Padang Bai ke Gili Trawangan. Untuk mencapai Gili Trawangan, perjalanan biasanya akan memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam di atas fast boat.

Tarif jasa direct fast boat yang ditawarkan di sekitar Kuta ini biasanya dibandrol antara Rp 500.000 – Rp 1.000.000 pulang pergi, tergantung penawaran dari agen yang kamu pilih. Terlihat mahal memang, tapi sebenarnya kamu bisa mendapat harga sesuai budget yang dimiliki jika berani menawar. Selain itu, layanan yang diberikan juga cukup sesuai dengan uang yang dikeluarkan.

Kalau kamu ingin liburan yang lebih privat dan cepat, kamu juga bisa menyewa speed boat khusus untuk kamu dan rombongan kecil dengan tarif yang lebih mahal pula, tergantung jumlah penumpang yang akan berangkat.

Kalau kamu berlibur dengan keluarga atau rombongan, serta ingin liburan yang nyaman, cepat dan praktis, metode direct fast boat ini paling pas buat kamu!

Jalan-jalan Murah dan Asyik dengan Public Boat dari Bangsal, Lombok

Untuk kamu yang ingin berangkat ke Gili Trawangan dari Lombok, cara ini cukup sering digunakan karena relatif lebih murah dan kamu bisa lebih menikmati wisata yang lebih berbaur dan dekat dengan masyarakat lokal. Cukup dengan biaya sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 untuk naik perahu, kamu sudah bisa sampai ke Gili Trawangan dari Pelabuhan Bangsal hanya dalam waktu sekitar 45 menit saja.

Untuk mencapai Pelabuhan Bangsal, kamu bisa menggunakan taksi, jasa penjemputan travel, atau mobil sewa dari Bandara Internasional Lombok dengan harga sewa biasanya sekitar Rp 300.000 – Rp 400.000.

Jika menurutmu harga tersebut terlalu mahal, kamu juga bisa berangkat ke Pelabuhan Bangsal dengan menggunakan angkutan umum dari Terminal Mandalika di kota Mataram menuju Desa Pemenang. Dari desa itu, perjalanan akan dilanjutkan dengan ojek ke Pelabuhan Bangsal. Rute ini tentu memakan waktu lebih lama dibanding dengan mobil sewa. Tapi, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 30.000 sampai Rp 50.000 saja untuk mencapai pelabuhan. Jauh lebih murah, bukan?

Dengan metode ini, kamu bisa benar-benar merasakan betapa ramainya suasana pelabuhan umum yang tidak hanya digunakan turis, tapi juga masyarakat lokal. Kamu juga bisa berkenalan dengan turis lain yang mungkin juga menggunakan metode backpacking untuk menikmati Gili Trawangan.

Jangan lupa bahwa kamu harus membeli tiket di loket resmi yang tersedia di pelabuhan untuk menghindari penipuan oleh calo, ya!

Kalau kamu suka solo backpacking, atau berencana berpetualang dan mencoba tantangan baru di tempat baru bersama beberapa teman-teman dekat, metode ini pasti cocok untuk liburanmu ke Gili Trawangan.

Lebih Cepat dan Privat dengan Private Boat dari Pelabuhan Teluk Nara, Lombok

Tidak semua orang cocok dengan gaya liburan backpacking yang mungkin terlalu menantang dan seringkali dengan waktu terbatas. Setelah penatnya hari-hari di kota, tak jarang kita menginginkan wisata yang lebih privat, nyaman dan santai tanpa harus khawatir kehabisan waktu karena lamanya perjalanan. Jika kamu lebih suka liburan yang santai dan privat, kamu bisa memilih metode ini untuk mengunjungi Gili Trawangan. Meski harus merogoh kocek lebih dalam, dijamin kamu dapat lebih menikmati suasana liburan yang privat dan eksklusif di pulau berpasir putih ini.

Dari Bandara Internasional Lombok, kamu dapat menyewa taksi atau jasa travel untuk mengantarkanmu ke Pelabuhan Teluk Nara. Pelabuhan ini dikenal sebagai salah satu titik berangkat favorit turis karena area parkir kendaraan bermotor yang dekat dengan pelabuhan, serta pilihan transportasi yang praktis.Dari pelabuhan ini, hanya ada pilihan speed boat sebagai moda transportasi menuju Gili Trawangan. Dengan speed boat, kamu bisa mencapai Gili Trawangan hanya dalam 20 menit, lho!

Tarif yang harus kamu keluarkan untuk menyewa speed boat adalah sekitar Rp 400.000 dengan kapasitas penumpang 1 – 3 orang dalam satu boat. Untuk menambah jumlah penumpang, biasanya diberi biaya tambahan per orang sekitar Rp 100.000.

Jika kamu ingin memaksimalkan harimu di Gili Trawangan, dan ingin wisata pantai yang lebih privat, praktis, dan cepat, cara ini mungkin paling tepat untuk liburan kamu nanti.

Bertualang Lebih Hemat dengan Jalur Air dari Bali ke Lombok

Kalau kamu lebih suka berpetualang dari pelabuhan ke pelabuhan, ini dapat menjadi alternatif yang tepat. Dari Pelabuhan Padang Bai di Bali, kamu bisa menggunakan kapal feri untuk menyeberang ke Pelabuhan Lembar dengan tarif hanya sekitar Rp 40.000. Dari Pelabuhan Lembar, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Bangsal untuk naik perahu ke Gili Trawangan.

Sebenarnya rute ini terhitung lebih murah, namun memakan waktu lebih lama bagi perjalanan kamu. Hal ini karena waktu perjalanan dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar mencapai 5 jam. Setelah itu kamu harus melanjutkan perjalanan lagi ke Pelabuhan Bangsal sekitar 2 – 3 jam lewat jalur darat. Lalu melanjutkan perjalanan dengan perahu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan.

Melelahkan, memang, tapi jauh lebih murah dibanding menggunakan jalur udara ke Lombok atau direct fast boat dari Padang Bai. Kamu juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah dan bercengkrama dengan penumpang lainnya selama perjalanan. Terlebih lagi, kamu bisa menikmati suasana pelabuhan tiga kali dalam sehari! Tentunya metode ini tidak ideal bagi kamu yang berencana mengunjungi Gili Trawangan dalam satu hari saja (one day trip). Menginap di hostel atau homestay yang banyak tersedia di sekeliling pulau akan menambah nikmatnya pengalaman solo backpacking-mu di surga dunia yang satu ini.

Jadi, kalau kamu suka bepergian dengan jalur laut, ingin liburan yang lebih hemat, dan tidak terburu-buru dalam menikmati Gili Trawangan, metode ini dapat menjadi pilihan yang pas buatmu!

Wisata Sambil Belajar Bersama Rombongan Sasambo Greeneration Camp

Meski liburan bersama keluarga, teman-teman, atau bahkan berwisata sendirian merupakan cara liburan yang menyenangkan, berwisata bersama rombongan besar memiliki pesonanya sendiri. Mengikuti open trip, atau rombongan tur, bisa menjadi pilihan wisata kamu untuk menikmati keindahan Gili Trawangan.

Salah satu metode yang tepat bagi kamu yang suka jalan-jalan bersama rombongan besar, adalah bergabung bersama Sasambo Greeneration Camp. Program ini merupakan kegiatan yang diadakan untuk pemuda dari dalam negeri maupun luar negeri yang tertarik dengan isu lingkungan dan budaya. Dalam program ini, kamu tidak hanya akan menikmati wisata di Gili Trawangan, tetapi kamu juga akan mendapatkan benefit lainnya yang tidak didapat dari cara-cara wisata yang biasa.

Selain mengunjungi Gili Trawangan, setelah program ini kamu juga akan mengunjungi destinasi wisata khas Lombok lainnya. Nanti kamu dapat mengunjungi kediaman suku Sasak yang masih menjaga budaya aslinya di Desa Ende, belajar membuat bata ramah lingkungan di Kawis Krisant, dan mengunjungi pantai-pantai di sekitar Lombok sambil berkemah dengan teman-teman baru di rombonganmu. Kamu tidak hanya akan menikmati keindahan alam saja, tetapi juga sambil belajar tentang wisata ramah lingkungan dan menjaga keaslian budaya dan tradisi lokal.

Dengan mengikuti program seperti ini, akomodasi, transportasi serta jadwal perjalananmu akan lebih mudah dan terjamin, karena sudah diatur oleh penyelenggara Sasambo Greeneration Camp. Jadi kamu tidak perlu repot lagi memikirkan penyewaan mobil, tiket perahu, lama perjalanan dan lainnya.

Informasi lebih lanjut terkait kegiatan ini bisa kamu dapatkan di sasambo.org ya!

Jika kamu ingin liburan yang bermanfaat bagimu, masyarakat, dan lingkungan, sembari mendapat teman-teman baru tanpa perlu repot ini dan itu dalam perjalanan, metode ini yang paling cocok untukmu!

Jadi, yang mana?

Itu dia beberapa cara untuk mencapai Gili Trawangan yang telah kami rangkum untuk memudahkan kamu dalam menyusun rencana wisatamu ke pulau surgawi ini. Untuk kamu yang berangkat bersama rombongan keluarga atau teman-teman, berangkat dari Bali ke Gili Trawangan bisa jadi pilihan yang paling ideal dan sesuai untuk liburanmu.

Kalau kamu berangkat sendirian, atau hanya dengan beberapa teman saja, mungkin kamu ingin mencoba backpacking dan wisata murah dengan berangkat dari Lombok ke Gili Trawangan dengan perahu umum. Wisatamu dijamin akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Atau, jika kamu lebih suka liburan yang tidak memakan banyak waktu perjalanan serta tidak merasa khawatir soal budget, kamu bisa coba menyeberang ke Gili Trawangan lewat Teluk Nara di Lombok, dan segera menikmati segala hiburan yang ditawarkan di Gili Trawangan.

Terakhir, kalau kamu ingin liburanmu lebih bermanfaat dan bermakna, penuh dengan ilmu baru dan teman baru dari daerah dan negara lain, kamu bisa bergabung dalam program Sasambo Greeneration Camp yang bisa kamu akses melalui sasambo.org.

Jadi, yang mana yang kamu banget?

Referensi:
https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1764141/dua-cara-ke-gili-trawangan
https://pergimulu.com/panduan-tips-pergi-liburan-ke-gili-trawangan/
https://travel.kompas.com/read/2014/12/09/183400527/Tips.Menuju.Gili.Trawangan
https://sasambo.org/

Hari Prasad from India just Registered on Sasambo
x