Liburan sekaligus menumbuhkan cinta lingkungan di tempat paling eksotis di Indonesia.

Seringkali ketika sedang memilih destinasi wisata, kita cenderung memilih perjalanan ke luar negeri. Selain lebih mahal, tentu banyak yang harus dipersiapkan dari segi keuangan maupun mental. Setelah bepergian ke luar negeri, banyak orang yang mengalami culture shock karena tidak terbiasa dengan budaya asing. Namun, tetap banyak orang yang ingin pergi ke luar negeri untuk sekedar berwisata ataupun belanja.

Dengan nominal yang jauh lebih murah, dibandingkan dengan nominal yang harus kamu keluarkan untuk pergi ke luar negeri, wisata dalam negeri adalah pilihan yang tepat untukmu.
Sebelum memutuskan untuk mencari destinasi wisata yang ramai dikunjungi banyak orang, coba pertimbangkan kekurangan dan kelebihan yang akan kamu dapatkan sebelum membuat keputusan tersebut.

Ga mau kan liburanmu jadi berantakan? Pilihlah paket wisata yang sesuai dengan budget kamu. Tapi, jangan salah. Aman di kantong belum tentu nyaman. Bisa jadi kamu memilih paket wisata yang tidak sesuai dengan minat kamu karena lebih memperhatikan harga. Pilihlah paket wisata yang disediakan oleh biro perjalanan berpengalaman dan profesional.

Untuk tujuan, dapat bervariasi. Beragam paket perjalanan hemat mungkin akan menjadi pilihan yang pas untukmu.

Sebagai penduduk Indonesia, sudahkah kamu menjelajahi negeri sendiri? Dari Sabang sampai Merauke, daratan negeri ini terbentang luas dan rasanya tidak akan cukup waktu untuk menengok ke setiap sudutnya. Kekayaan budaya yang kita punya juga amatlah beragam. Tentunya, banyak tempat-tempat serta kebudayaan yang ada di Indonesia yang belum sempat kamu singgahi tetapi terlalu sayang untuk dilewatkan, contohnya Lombok.

Lombok adalah salah satu tujuan terbaik dan pulau favorit untuk liburan di Indonesia, pulau ini adalah tempat yang nyaman dengan pemandangan dan suasananya yang masih alami dengan pantai dan karang, budaya yang unik, dan ekowisata.

Apakah kamu seorang pecinta alam? Cobalah berwisata ke Lombok yang kaya akan keindahan alam. Terletak di wilayah Nusa Tenggara Barat, Lombok telah menjadi tempat idaman untuk menghabiskan waktu liburan. Lombok adalah salah satu destinasi wisata Indonesia paling terkenal selain Bali. Dikelilingi oleh pantai-pantai yang indah, ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara telah membuktikan bahwa Lombok memiliki kekayaan alam yang mampu memukau dunia. Keren!

Liburan memang menyenangkan. Apalagi jika diisi dengan berlari-lari kecil di pasir putih, mendengar deru ombak dari kejauhan, dan tentu saja yang paling dinanti, yaitu menyaksikan matahari terbenam. Lombok terkenal akan wisata baharinya. Pulau Lombok dikelilingi oleh pantai-pantai yang berjajar dengan pasir putih.

Lalu, apa saja sih yang bisa kamu lakukan disana?

Liburan ke Pantai Klui

Ketika pantai Senggigi dan Gili Trawangan sudah terlalu mainstream, kamu harus coba main ke pantai Klui. Di siang hari, kamu dapat merasakan kesegaran khas pantai serta pesisir yang bersih. Jika lelah berlari-lari di pinggir pantai kamu pun dapat beristirahat di bawah naungan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Asik, kan?

Tidak terlalu jauh dari pantai Senggigi, pantai Klui menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah. Bagaimana tidak, dengan latar belakang Selat Lombok serta siluet Gunung Agung yang terlihat dari kejauhan, pantai Klui mampu menghipnotis setiap mata pengunjungnya.

Bukan hanya pantainya, Lombok mempunyai segudang destinasi wisata menarik lainnya yang dapat kamu kunjungi, seperti desa-desa adat yang berada di sekitar Lombok Utara yang sangat terjaga nilai-nilai kebudayaannya.

Lombok kaya akan budaya khas timur Indonesia. Adat istiadat masih kental terasa di kehidupan sehari-hari mereka. Masyarakatnya pun banyak yang masih mengikuti jejak leluhur mereka. Bisa dibilang, budaya asli masyarakat Lombok tidak terkontaminasi oleh perkembangan zaman.

Ekskursi ke Desa Ende

Berukuran seluas sekitar 1 hektar, desa Ende tetap bertahan dan menjaga kelestarian budayanya. Sebagai masyarakat asli terbesar di Lombok, orang-orang Sasak berusaha untuk mempertahankan nilai-nilai dan gaya hidup tradisional mereka dengan menghindari aspek-aspek modern seperti listrik dan teknologi dari kehidupan mereka. Wow, hebat ya.

Populasi Sasak secara budaya dan bahasa berhubungan erat dengan orang Bali, tetapi tidak seperti orang Bali Hindu, mayoritas adalah Muslim dan bentang alamnya diselingi dengan masjid dan menara. Tradisi dan hari libur Islam memengaruhi aktivitas sehari-hari di pulau itu.

Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, suku Sasak masih mempertahankan tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun oleh leluhur mereka. Percampuran antara agama dan tradisi membuat masyarakat hidup dalam harmoni dan kedamaian.

Untuk menambah ilmu tentang kebudayaan asli Indonesia, kamu dapat mengenal masyarakat Lombok secara langsung dan mempelajari budaya mereka dengan mengunjungi desa Ende.

Nah, untuk itu generasi muda perlu meniru suku Sasak dalam upaya mempertahankan kebudayaan nenek moyang mereka. Peradaban dan zaman dapat berubah namun identitas penting untuk dipertahankan.

Ingin melakukan dua hal di atas sekaligus? Bisa banget!

Banyak biro perjalanan yang menawarkan paket perjalanan sekaligus penginapan untuk berlibur ke Lombok. Sekali perjalanan kira-kira dapat menghabiskan biaya sebanyak 2 juta rupiah hingga 5 juta untuk 2-3 malam. Tergantung fasilitas yang digunakan.

Tetapi, apakah kamu yakin tidak ingin membuat liburanmu lebih bermanfaat selain untuk menghibur diri?

Tempat-tempat wisata yang kita kunjungi adalah keindahan alam yang dirawat dan dijaga oleh warga sekitarnya.

Kesadaran untuk merawat lingkungan tidak hanya dibutuhkan oleh warga sekitar namun juga para wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat tersebut. Masa depan lingkungan Indonesia ada di tangan para generasi muda yang akan merawatnya. Untuk itu semangat untuk menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan sangatlah penting.

Generasi muda harus memegang peranan sebagai penggerak yang mempunyai kesadaran terhadap lingkungannya, sehingga senantiasa merawat dan melindungi lingkungan dari faktor-faktor yang membahayakan.

Mau liburan yang bermanfaat?

Untuk yang keempat kalinya, International Global Network kembali mengadakan acara Sasambo. Sasambo adalah nama lain dari Nusa Tenggara Barat, yang diambil dari tiga nama suku terbesar, yaitu, Sasak, Samawa, dan Mbojo.

Sasambo tahun ini mengusung tema “Act for Nature and Humanity”, yang mencoba memberikan wadah bagi anak muda untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, serta melakukan aksi nyata untuk memberikan kontribusi terhadap alam dan kemanusiaan melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama tiga hari penuh.

Dalam acara ini kamu dapat bertemu dengan para anak muda yang memiliki semangat menjaga lingkungan yang sama sepertimu. Peserta camp tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi dari seluruh penjuru dunia! Pastikan kamu mengikuti acara ini untuk memperluas jaringan pertemananmu dengan para anak muda dari seluruh dunia.

Kegiatan yang akan dilakukan selama acara sebagian besar diadakan di pantai Klui, lho.

Jangan khawatir tentang akomodasi dan sarana prasarana selama camp berlangsung, karena team Sasambo yang berpengalaman mengadakan acara ini sebanyak empat kali, telah mempersiapkan dengan matang segala kebutuhan dan fasilitas yang akan kamu butuhkan selama berada disana.

Masih ada kegiatan lainnya setelah bermain di pantai dan mengunjungi suku adat Lombok. Selama tiga hari peserta camp akan mendapatkan paket wisata paling menyenangkan dan bermanfaat, paket wisata All-in-One.

Selain wisata alam dan eksplorasi budaya, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menghabiskan waktu liburanmu disana.

Dalam paket wisata All-in-One ini kalian mendapat liburan yang nyaman, edukasi, dan ilmu yang akan bermanfaat untuk masa depan bumi kita.

Menanam Mangrove

Melalui program ini, para peserta diharapkan mengerti akan pentingnya menjaga dan melestarikan alam. Nilai edukasi yang akan diimplementasikan dalam acara ini tidak hanya melalui workshop tetapi juga dari pengalaman langsung di lapangan. Para peserta akan menanam bakau dan mendiskusikan masalah lingkungan.

Tahukah kamu bahwa selain dapat melestarikan lingkungan, menanam mangrove dapat memberikan dampak ekonomi terhadap para nelayan. Tanaman mangrove dapat menjadi tempat berkembang biak kepiting bakau, yang dapat menambah penghasilan para nelayan.

Sebagai perwujudan aksi nyata untuk menumbuhkan kecintaan lingkungan, para peserta akan menanam mangrove untuk melindungi sisi pantai dari erosi dan abrasi.

Penanaman mangrove adalah salah satu kegiatan di mana peserta akan terinspirasi untuk lebih memperhatikan lingkungan mereka. Di Pulau Lombok, ada situs konservasi bakau yang kemudian beroperasi sebagai tujuan wisata. Dalam sesi ini, para peserta akan diberikan kesempatan untuk berkeliling di lokasi konservasi menggunakan perahu dan mengamati perkebunan bakau.

Menanam mangrove merupakan langkah pertama yang akan membuatmu dapat melakukan langkah-langkah lainnya, yang kecil namun berpengaruh besar.

Berkunjung ke Daerah Gempa Lombok Utara

Beberapa saat lalu Indonesia berduka karena adanya bencana alam yang menimpa kawasan pesisir Banten dan Lombok. Kejadian tersebut masih menyisakan rasa sedih diantara para korban yang terkena dampak bencana.

Peserta akan berkontribusi untuk menjadi relawan pemulihan Lombok setelah gempa yang terjadi satu tahun yang lalu. Peserta akan menghibur dan berbagi senyum dengan anak-anak dan perempuan. Peserta akan dilibatkan dalam sesi pelatihan dan workshop. Sumbangan amal juga akan dikirimkan ke penduduk setempat.

Disamping menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan, salah satu tujuan dari acara Sasambo adalah meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia. Generasi muda harus mampu memperkuat satu sama lain dan sama-sama berjuang untuk masa depan yang lebih baik.

Oleh sebab itu, rasa empati generasi muda dilatih untuk menimbulkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, juga terhadap masyarakat di sekelilingnya karena manusia adalah makhluk sosial yang saling bergantung dengan manusia yang lainnya.

Kepemimpinan dan kesadaran sosial adalah nilai-nilai mahal pada saat ini, dan pada saat yang sama, kedua soft skill ini adalah apa yang dibutuhkan oleh generasi muda sebagai generasi berikutnya, dengan tujuan menjadi panutan yang baik di komunitas mereka. Dalam program ini, tidak hanya peserta akan dilatih untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka melalui berbagai kegiatan kelompok tetapi juga mereka akan ditantang untuk melakukan pelayanan masyarakat kepada masyarakat setempat.

Workshop Pembuatan Handycraft Menggunakan Eggshell

Seperti kita ketahui, kulit telur biasanya menjadi limbah rumah tangga. Dalam sesi ini, peserta diharapkan belajar bagaimana memanfaatkan limbah rumah tangga yang sama dan mengubahnya menjadi sebuah karya seni.

Selama workshop hari kedua, peserta akan belajar tentang bagaimana orang Lombok memanfaatkan ‘Kulit Telur’ untuk menghias kerajinan.

Para peserta akan belajar untuk bisa membuat sebuah produk hasil daur ulang yang dapat dimanfaatkan kembali. Sebagai hasilnya, dalam jangka panjang jika generasi muda mempunyai inovasi dan kreativitas dalam mengubah limbah menjadi sebuah produk yang bermanfaat atau bernilai seni, hal tersebut dapat membantu Indonesia dalam bidang ekonomi. Bahkan, dapat membuka peluang lapangan kerja yang baru.

Workshop di Kawis Krisant

Kawis Krisant adalah salah satu daerah di Kota Mataram yang telah diubah menjadi kawasan wisata yang ramah lingkungan dan memiliki konsep pengolahan limbah terintegrasi. Daerah ini sebelumnya merupakan daerah kumuh yang terletak di tepi sungai yang kebersihannya tidak dijaga.

Berawal dari niat baik sang pencetus Bank Sampah NTB Mandiri, Aisyah Odist, agar kampungnya menjadi bersih, kini Bank Sampah telah banyak membantu masyarakat sekitar memberikan dampak yang baik bagi kehidupan serta lingkungan mereka.

Aisyah telah memberikan edukasi bagi para anak muda dan masyarakat sekitar melalui sosial media yang membuat gerakan cinta lingkungannya semakin banyak diikuti.

Kini, kampung tersebut telah menjadi lebih berwarna dan menjadi tempat beraktivitas anak muda untuk berkreasi melakukan kegiatan positif.

Di tempat ini, kamu dapat melihat semangat kelompok-kelompok anak muda yang mencintai lingkungan dengan kreativitas yang luar biasa.

Kegiatan di Malam Hari

Dalam sesi ini, tokoh-tokoh berpengaruh dengan keahlian terkait akan diundang untuk berbagi pengalaman mereka dalam mengatasi masalah limbah dan mengelola tindakan lebih lanjut untuk menjaga hasilnya. Para peserta juga akan terlibat dalam kegiatan belajar yang menyenangkan dan permainan edukatif.

Pada kesempatan berharga ini, kamu bisa bertanya dan berdiskusi langsung dengan tokoh-tokoh hebat yang telah menginisiasi gerakan cinta lingkungan. Mereka adalah orang-orang yang telah membuat langkah kongkret dalam membuat inovasi untuk menyelamatkan lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan anak muda inspirasi untuk merawat lingkungan dan melestarikan alam.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta akan mendapatkan konsumsi sebanyak tiga kali sehari dan kegiatan akan terdokumentasi oleh team Sasambo. Sehingga, para peserta camp dapat menikmati kegiatan dengan nyaman.

Selain itu, masih banyak kegiatan dimana kamu dapat bertukar opini serta memperkenalkan budaya masing-masing peserta pada Opening Ceremony dan Closing Ceremony, yang diadakan di awal dan di akhir acara. Pastikan kamu menampilkan terbaik sebagai perwakilan budayamu.

Sasambo Greeneration Camp juga akan menghubungkan para pemimpin muda di seluruh dunia dengan hasrat yang sama untuk masalah lingkungan dan proyek serupa untuk memecahkan masalah lingkungan di komunitas mereka.

Itulah deretan kegiatan satu paket perjalanan wisata yang akan menjadi liburan tak terlupakan selama kamu berada di Lombok.

Sasener Greeneration Camp adalah acara yang sengaja diselenggarakan untuk anak muda yang peduli dengan masa depan lingkungan mereka dan memiliki niat untuk melakukan upaya nyata untuk melestarikan alam.

Melalui Sasambo Greeneration Camp, para pemimpin muda diharapkan untuk berkolaborasi dan bertukar gagasan untuk menciptakan perubahan yang lebih besar untuk melindungi alam dan menjadi teman baik bagi bumi kita.

Menentukan destinasi wisata untuk berlibur itu penting, akan lebih baik jika dibarengi dengan melakukan kegiatan positif agar dapat menjadikan waktu liburanmu lebih bermanfaat.

Sasambo Greeneration Camp merupakan satu-satunya paket wisata untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman jalan-jalan menyenangkan dan bermanfaat untuk lingkungan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadikan liburanmu lebih berharga bagi diri sendiri dan orang lain.

Hari Prasad from India just Registered on Sasambo
x