Lombok merupakan tujuan wisata yang kian hari kian populer. Digadang-gadang menyerupai Bali, Lombok lebih ramah bagi mereka yang khawatir akan status halal, menyukai kesunyian, dan juga memiliki budget terbatas. Lombok memiliki atraksi untuk semua selera. Karena itu, berikut kami telah merangkum destinasi wisata Lombok yang harus kamu kunjungi.

Bingung menentukan tujuan wisata tahun ini?

Ketika merencanakan wisata, kebanyakan orang masih berpikir Bali. Namun, Bali mungkin tidak untuk semua orang. Keramaian, perangkap wisatawan, serta biaya tinggi menjadi beberapa pertimbangan sebelum mengunjungi Pulau Dewata.

Kalau kamu pernah berkunjung ke Bali, maka dijamin kamu akan jatuh cinta dengan Lombok.

Lombok punya semua daya Tarik pada Bali. Keindahan alam, keramahan warganya, serta budaya yang unik. Persis Bali. Minus keramaian dan eksploitasi wisata. Bukan hanya itu, Lombok juga merupakan destinasi wisata ideal bagi kamu yang mementingkan status Halal ketika berwisata.

Kaum Muslim jangan khawatir! International Muslim Travel Index menetapkan Lombok sebagai destinasi Halal terbaik 2019. Dengan menyadari potensi wisata Lombok, pemerintah lokal serta warga yang didominasi pemeluk agama Islam secara aktif mengupayakan agar semua aspek pariwisata mulai dari makanan, akomodasi, hingga destinasi wisata, dapat dijamin Halal.

Luar biasa!

Jika kamu masih bingung harus kemana ketika di Lombok, baca berikut rekomendasi kami soal tujuan wisata unggulan di Lombok:

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia, sekaligus lanskap dominan di Lombok Timur. Pesona mistisnya menarik para penjelajah untuk mendaki medannya yang menantang dan bervariasi.

Meski demikian, Gunung Rinjani bukan hanya untuk dinikmati kamu yang gemar mendaki gunung saja. Taman Nasional Gunung Rinjani menempati area seluas 400,000 hektar yang menjadikannya rumah bagi berbagai atraksi yang tidak kalah memikat.

Desa Adat Senaru

Dalam jalur pendakian menuju puncak Gunung Rinjani, kamu akan melewati desa adat Senaru dengan kehidupan masyarakatnya yang masih memegang teguh adat. Rumah tradisional beralaskan tanah liat dengan atap rumbia berlatar belakang pegunungan yang asri mengundang siapapun untuk berhenti.

Kamu dapat merasakan kehidupan layaknya warga lokal dengan kedamaian desa tanpa gangguan televisi di sejumlah penginapan tradisional yang tersedia.

Di Desa Senaru kamu juga dapat menemui Air Terjun Sendang Gile yang dapat dicapai dengan menyusuri trek yang tersusun dari 500 anak tangga. Ketinggian Air Terjun Sendang Gile sekitar 30 meter dengan bentuk bertingkat.

Pesona Air Terjun Sendang Gile yang eksotis cocok bagi kamu yang gemar berenang. Airnya dingin dan jernih menyegarkan setelah pendakian untuk sampai ke sini

Air Terjun lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Tiu Kelep di kaki Gunung Rinjani. Untuk sampai ke sana kamu harus melalui hutan yang dijamin menyajikan pemandangan yang tak kalah memikat.

Eksotisme Air Terjun Tiu Kelep berasal dari rimbunnya pepohonan yang mengelilingi air terjun setinggi 45 meter ini. Kamu juga bisa berendam di kolam di bawahnya sambil melepas lelah.

Kedua air terjun di atas dapat dicapai sendiri. Namun bagi kamu yang bepergian solo, juga dapat menyewa penduduk setempat untuk mengarahkan jalan.

Bukit Pergasingan

Bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman mendaki namun tidak siap dengan ketinggian Gunung Rinjani dapat mencoba Bukit Pergasingan yang tidak kalah seru!

Meskipun jauh lebih rendah daripada puncak Gunung Rinjani, namun jangan salah. Bukit Pergasingan juga tidak kalah menantang dengan kemiringan 60-70 derajat yang menyambut kamu.

Pendakian yang bisa diselesaikan dalam dua jam ini tetap memuaskan dengan pemandangan yang menakjubkan. Hamparan lanskap Lombok dengan beraneka warna, barisan awan seumpama kapas, belum lagi puncak Rinjani yang menjulang kokoh. Puncak Bukit Pergasingan juga merupakan tempat ideal bagi jiwa-jiwa romantis yang ingin menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Luar biasanya lagi, kamu yang masih butuh tantangan ekstra bisa memilih berbagai petualangan seperti paralayang, sepeda gunung, dan banyak lagi.

Yakin tidak tergiur?

Pantai

Tidak puas rasanya berkunjung ke Lombok jika tidak mampir ke pantai-pantainya yang tersohor.

Meskipun kebanyakan masih sepi dibandingkan pantai di Bali, bukan berarti kamu akan sulit mencapai tujuan. Jangan khawatir! Jalanan menuju pantai kebanyakan dalam kondisi yang bagus.

Saran kami, untuk pengalaman susur pantai yang optimal, paling afdol adalah dengan menyewa sepeda motor per hari. Dijamin kamu akan lebih puas menikmati wisata pantai di Lombok!

Pantai Kuta

Sejumlah pantai berjarak berdekatan antara satu sama lain dan berada di jalur yang sama sehingga wajib kamu singgahi satu setelah yang lain!

Beda dari Pantai Kuta di Bali, Pantai Kuta Lombok relative belum terjamah dan sepi. Penyuka wisata bahari wajib berhenti di Pantai Kuta untuk menikmati pasir yang lembut serta pemandangan bawah laut yang berwarna-warni.

Selain snorkeling serta berselancar, kamu juga dapat bermain air serta menyewa perahu dayung di Pantai Kuta. Menjelang sore, matahari tenggelam juga dapat dinikmati di banyaknya warung yang tertata rapi di sepanjang garis pantai.

Selain itu, di Bulan Februari dan Maret, pengunjung juga dapat menyaksikan Festival Bau Nyale, adat Sasak yang mencari cacing laut untuk menyuburkan tanah dengan harapan panen akan memuaskan.

Pantai Selong Belanak

Setelah Pantai Kuta, jangan lupa mampir ke Pantai Selong Belanak.

Sama seperti Pantai Kuta, Selong Belanak juga masih relatif sepi. Tapi soal fasilitas, jangan ditanya!

Di Pantai Selong Belanak kamu bisa berselancar dan snorkeling. Fasilitas yang ada pun sudah cukup memadai tanpa ada retribusi yang harus dibayar.

Pantai Tanjung Aan

Masih terletak berdekatan dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, kamu juga harus berkunjung ke Pantai Tanjung Aan. Berbeda dari kedua pantai lainnya, butiran pasir di sini lebih kasar dan memiliki daya Tarik tambahan berupa formasi karang yang ciamik.

Di Pantai Tanjung Aan juga terdapat formasi tunggal karang menyerupai jari yang berdiri di tengah pantai. Bukan hanya itu, Tanjung Aan juga memiliki formasi tebing unik yang menjadi habitat burung serta kelelawar.

Pantai Tangsi

Ini adalah pantai yang keunikannya tidak akan kamu temui di tempat lain. Pantai Tangsi memiliki kekhasan dengan garis pantainya yang berwarna merah jambu. Warna yang cantik ini didapat dari formasi cangkang merah jambu yang hancur menjadi partikel pasir.

Untuk sampai ke Pantai Tangsi, kamu dapat berkendara sejauh kurang lebih 2 kilometer dari pusat Kota Mataram dengan kendaraan bermotor.

Sayangnya, Pantai Tangsi belum memiliki fasilitas yang memadai sehingga kamu disarankan membawa bekal sendiri. Serasa piknik di pantai pribadi!

Waktu paling ideal untuk berkunjung adalah di musim kemarau dengan sinar matahari yang dipantulkan oleh pasirnya menghasilkan kombinasi warna cantik perpaduan pasir dan birunya laut.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi bisa jadi merupakan ikon Lombok. Pantai Senggigi sekaligus merupakan destinasi popular yang tidak dilewatkan oleh pengunjung.

Selain snorkeling, berselancar, dan mendayung perahu, Pantai Senggigi juga popular bagi pelancong untuk bermalam. Kamu yang ingin menikmati keelokan pesisir Lombok bisa berbelanja oleh-oleh di sini, berwisata kuliner, dan menetap di banyak pilihan akomodasi di dekat pantai.

Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno merupakan tiga pulau kecil (gili) paling terkenal di perairan Lombok. Karena lokasi ketiganya yang saling berdekatan, maka tidak mengherankan jika ketiganya menjadi destinasi bagi kamu yang gemar island hopping alias berkunjung dari satu pulau ke pulau lain.

Untuk menikmati ketiga Gili kamu bisa menggunakan jasa sewa kapal yang akan membawa kamu dari satu pulau ke pulau lain. Biayanya tentu akan lebih murah jika bepergian dalam jumlah banyak karena sewa kapal dapat dibagi.

Dari ketiga pulau tersebut, Gili Trawangan merupakan pulau terbesar. Meskipun begitu, ketiganya memiliki kesamaan yakni pasir putih dengan laut jernih serta pemandangan yang asri.

Gili Trawangan

Sebagai pulau terbesar, Gili Trawangan juga merupakan destinasi paling ramai dengan fasilitas paling beragam. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir dengan keramaian di sini karena kendaraan bermotor tidak dibolehkan di Gili Trawangan.

Terus, opsi alternatifnya apa?

Tenang. Gili Trawangan bisa dieksplorasi dengan naik sepeda, andong, atau sekedar berjalan kaki. Gili Trawangan juga aman sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika berkeliling.

Segala jenis hiburan bisa kamu nikmati di sini. Akomodasi, tempat makan, hingga tempat belanja semua bisa ditemui di Gili Trawangan. Juga, ada pasar malam dimana aneka hiburan dan jajanan bisa kamu coba.

Gili Trawangan cocok bagi kamu yang senang berpesta. Musik dan tari menjadi atraksi di berbagai klub di Gili Trawangan. Meski begitu, kamu yang lebih introvert juga bisa menikmati kesunyian dengan berbagai aktivitas di pantai seperti snorkeling, berselancar, atau sekedar bermain air.

Gili Meno

Gili Meno adalah alternative bagi kamu yang ingin melarikan diri dari keramaian Gili Trawangan. Gili Meno cocok bagi mereka yang ingin relaksasi dan butuh privasi.

Di Gili Meno kamu bisa menikmati kesunyian pantai yang dikelilingi laut sebiru Kristal. Meski demikian, penting untuk diingat bahwa fasilitas di sini tidak seramai Gili Trawangan. Restoran dan pondokan untuk bermalam sangat terbatas, dengan pilihan lebih cocok dikatakan kelas menengah. Meski demikian, di Gili Meno terdapat sejumlah sekolah menyelam bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan sertifikasi selam.

Gili Air

Gili Air memiliki fasilitas Gili Trawangan dengan kesunyian Gili Meno. Banyak aktivitas yang bisa kamu nikmati di Gili Air. Pemandangan yang indah serta restoran dan akomodasi yang beragam juga melengkapi pengalamanmu selama di sini.

Paling afdol untuk kamu nikmati selama di Gili Air adalah bersepeda mengelilingi pulau dilanjutkan dengan snorkeling. Selain warna-warni terumbu karang, kamu juga bisa menyapa ikan badut seperti di film Nemo dan kura-kura.

Sorenya, jangan lupa menyeruput segelas minuman dingin sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang ciamik di Gili Air.

Desa Wisata Sade

Desa Wisata Sade merupakan jujugan wajib bagi mereka yang ingin merasakan kehidupan masyarakat asli Lombok. Uniknya, gaya hidup di sini tidak berubah sejak 600 tahun terakhir!

Wujud autentitas budaya bisa kamu nikmati dalam bentuk bangunan, adat istiadat, tari-tarian, serta berbagai aktivitas budaya yang ditampilkan dalam desa wisata ini.

Bangunan di Desa Sade unik dan tidak dapat ditemui di wilayah lain. Meskipun berbahan sederhana seperti tanah liat, kotoran kerbau, serta sekam padi namun struktur arsitektur yang ditampilkan amat kokoh.

Kamu juga dapat menikmati aktivitas menenun yang masih dilakukan secara tradisional di sini. Penduduk Desa Sade mengenakan pakaian yang mereka tenun sendiri dalam berbagai warna yang cantik. Selain melihat, jangan ragu untuk mencoba sendiri menggunakan alat tenun seperti warga desa asli.

Jangan salah, meskipun kelihatannya sederhana, ternyata menenun tidak mudah!

Menariknya, Desa Wisata Sade terletak hanya 8 kilometer dari Bandar Udara Internasional Lombok dan dapat ditempuh dalam 20 menit dalam rute sama menuju Pantai Tanjung Aan.

Demikian rekomendasi wisata Lombok dari kami. Sayangnya, popularitas Lombok sebagai destinasi juga diikuti berbagai efek samping.

Mungkin kamu familiar dengan permasalahan pengolahan sampah yang menjangkiti banyak tujuan wisata selain Lombok?

Atau kekhawatiran soal budaya yang tergerus dengan adanya arus globalisasi?

Bagaimana dengan abrasi garis pantai serta peningkatan air laut yang mengancam pesisir seperti Lombok?

Kesemua permasalahan di atas merupakan isu yang genting dihadapi tujuan wisata pesisir di seluruh dunia tidak terkecuali Lombok. Keindahan Lombok sebagai tujuan wisata telah membantu membangun perekonomiannya, namun bukannya tanpa efek samping.

Ini semakin diperparah oleh bencana gempa bumi yang baru-baru ini melanda Lombok.Selain memakan korban jiwa yang tidak sedikit, bencana gempa ini juga mengakibatkan kerusakan yang butuh waktu lama untuk dapat memulihkan status Lombok sebagai destinasi wisata unggulan.

Untungnya, kesadaran untuk menyelamatkan potensi wisata Lombok juga menjadi dasar inisiatif menjaga keberlanjutan lingkungan. Wisatawan berujung ke Lombok bukan hanya untuk menikmati keindahannya, namun juga menjadi bagian dari perlindungan.

Dan kamu, juga bisa ambil andil dalam menyelamatkan Lombok.

Berkunjung ke Lombok sembari menyelamatkan lingkungan? Bisa!

Sasambo Greeneration Camp yang digelar di Lombok pada 26-29 Juli mendatang merupakan kesempatan bagi semua anak muda yang peduli pada keberlanjutan lingkungan bukan hanya di Lombok namun juga seluruh dunia.

Di Sasambo Greeneration Camp, anak-anak muda dari berbagai Negara bersatu dalam agenda untuk belajar serta mencapai solusi penyelamatan lingkungan global.

Dimulai dari Lombok, peserta Sasambo Greeneration Camp diajak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan untuk terlibat langsung dalam inisiatif perlindungan. Dari mengolah limbah menjadi komoditas bernilai ekonomi, menyaksikan langsung wisata berbasis pengolahan limbah, merasakan kehidupan tradisional masyarakat Lombok yang autentik, sampai membantu merevitalisasi hutan bakau.

Selain itu, peserta Sasambo Greeneration Camp juga terlibat dalam upaya membantu korban bencana gempa di Lombok melalui sejumlah program edukasi serta pemberian bantuan.

Kesemua agenda menarik di atas dipandu oleh ahli dalam bidang masing-masing. Dimana lagi kamu bisa meraih pengalaman internasional sembari membentuk jaringan untuk masa depan?

Kamu juga dapat menjadi bagian dari gerakan yang membuat perubahan di Lombok dan seluruh dunia dengan bergabung bersama Sasambo Greeneration Camp 2019. Ini adalah kesempatan kamu untuk menyampaikan ide dan bersinergi bersama rekan-rekan dari berbagai latar belakang budaya sambil menikmati keindahan pulau Lombok.

Pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs resmi Sasambo Greeneration Camp di sasambo.org.

Ingat, partisipasimu berarti banyak bagi masa depan lingkungan kita!

 

Hari Prasad from India just Registered on Sasambo
x