“Bukan hanya Bali, Indonesia juga memiliki berbagai destinasi wisata eksotis yang terletak di berbagai tempat. Salah satunya, pernahkah kamu berwisata ke Lombok?”

Apabila seseorang sedang berpikir untuk memilih destinasi liburan dengan tempat wisata yang eksotis, nama Indonesia tentunya tidak bisa diabaikan. Bagaimana tidak? Indonesia, yang merupakan negara kepulauan di garis khatulistiwa, memiliki berbagai macam kondisi geografis yang belum tentu dimiliki oleh negara lainnya.

Hampir semua tempat di Indonesia memiliki setidaknya satu tempat yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pengalaman dengan pemandangan alamnya yang indah, mulai dari pantai dengan air yang jernih, pegunungan yang menjulang tinggi dengan udara yang menyejukkan, atau sekadar menyaksikan terbit atau tenggelamnya matahari dari tempat-tempat tertentu. Kondisi ini seperti memberikan begitu banyak opsi bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling populer di kalangan wisatawan adalah Bali. Tidak heran, dengan pemandangan alamnya yang terbentang indah mulai dari pantai hingga pegunungan, suasana di Bali tentunya bisa memikat hati siapa pun yang melihatnya.

Sayangnya, kepopuleran Bali sebagai tempat wisata eksotis di Indonesia belum diimbangi dengan informasi tempat-tempat wisata eksotis lainnya. Masih banyak wisatawan yang belum mengetahui bahwa masih ada tempat-tempat dengan pemandangan eksotis lainnya yang bisa dikunjungi di Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas.

Tempat-tempat tersebut juga tidak kalah indah dan menawan dengan tempat-tempat yang ada di Bali. Dengan mengetahui tempat wisata eksotis selain Bali, wisatawan jadi memiliki lebih banyak pilihan untuk dipertimbangkan ketika memutuskan untuk pergi berlibur ke tempat wisata eksotis.

Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal akan pemandangannya yang indah adalah Lombok.

Lombok berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, termasuk ke dalam Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, dengan Kota Mataram sebagai ibu kotanya. Pulau Lombok berbatasan dengan Pulau Bali di sebelah barat, dengan Selat Lombok sebagai batas pemisahnya. Pulau Lombok juga berbatasan dengan Pulau Sumbawa di sebelah timur, dengan Selat Alas sebagai batas pemisahnya.

Jenis tempat wisata yang ada di Lombok juga tidak jauh berbeda dengan tempat wisata yang ada di Bali. Walaupun begitu, perbedaan lokasi tentunya dapat memberikan pengalaman dan perasaan yang berbeda. Jadi, masih ragu untuk berkunjung ke Lombok? Beberapa informasi di bawah ini mungkin bisa membantumu untuk menentukan rencana liburanmu saat berwisata ke Lombok.

Akses yang Mudah

Lombok merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang relatif mudah untuk diakses dari segi transportasi. Hampir semua jenis transportasi, terutama yang melewati jalur udara dan laut, bisa digunakan sebagai alat transportasi untuk bisa sampai ke pulau ini.

Transportasi yang paling mudah dan biasanya menjadi pilihan utama bagi para wisatawan adalah transportasi udara. Terdapat bandara berskala internasional yang beroperasi di Lombok, yaitu Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang sebelumnya juga dikenal dengan Bandar Udara Internasional Lombok.

Dengan adanya bandara ini, para wisatawan dapat mengunjungi Lombok menggunakan transportasi udara, baik penerbangan domestik maupun penerbangan internasional. Penerbangan dari Jakarta menuju Lombok biasanya memakan waktu hingga empat jam. Walaupun cukup mudah dan praktis, transportasi jalur udara ini cukup mahal jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi jalur lainnya.

Perjalanan menggunakan transportasi darat dan laut memang cukup murah jika dibandingkan dengan transportasi udara. Penggunaan transportasi darat pada akhirnya tetap akan menggunakan transportasi laut ketika menyeberangi Selat Lombok, dari Pulau Bali menuju Pulau Lombok.

Perjalanan ke Lombok dari Pulau Jawa lewat jalur laut biasanya menggunakan mode transportasi berupa kapal laut, yang mayoritas disediakan oleh PT PELNI. Apabila perjalanan ke Lombok dilakukan dari Pulau Bali atau Pulau Sumbawa, perjalanan bisa dilakukan menggunakan Ferry atau kapal cepat (speed boat).

Walaupun menempuh perjalanan darat dan laut menuju ke Pulau Lombok terkesan akan lebih sulit, pemandangan dan pengalaman yang didapat bisa menjadi memori indah tersendiri bagi yang menjalaninya. Informasi tempat wisata yang indah dengan akses transportasi yang mudah sudah tersedia di depan mata, masih ragu untuk berlibur ke Lombok?

Tempat Wisata yang Beragam

Lombok adalah salah satu wilayah di Indonesia dengan kondisi geografis yang beragam dan pemandangan yang eksotis. Ingin menikmati indahnya pemandangan pantai dengan air laut sebening kristal? Gili Trawangan dapat menjadi solusinya.

Sebenarnya, Gili Trawangan adalah sebuah pulau utama yang merupakan bagian dari tiga pulau surga yang terletak di dekat Lombok. Pulau lainnya adalah Gili Meno dan Gili Air. Perjalanan ke Gili Trawangan dari Lombok hanya memakan waktu sekitar dua puluh menit dengan menggunakan kapal cepat (speed boat). Tiga pulau surga ini cukup terkenal di kalangan wisatawan untuk kegiatan-kegiatan seperti menyelam dan snorkelling. Terdapat pemandangan bawah laut yang sangat indah dan beragam yang bisa menjadi nilai tambah dari kegiatan ini. Walaupun begitu, para wisatawan juga bisa sekadar menikmati keindahan alamnya dengan bersantai atau berenang di sana.

Pantai Senggigi juga bisa menjadi opsi lain untuk wisatawan yang ingin mengunjungi pantai. Garis pantai yang membentang sejauh mata memandang dengan pasir bergradasi mulai dari warna hitam hingga ke putih merupakan pemandangan eksotis yang sayang untuk dilewatkan.

Di sekitar Pantai Senggigi juga ada tempat wisata lain yang bisa dikunjungi, yaitu Batu Bolong dan Batu Layar. Batu Bolong adalah sebuah pura yang berada di atas sebuah karang besar di tepi pantai. Konon, Batu Bolong ini memiliki berbagai latar belakang cerita sejarah berupa legenda tentang penduduknya.

Lain halnya dengan Batu Bolong, Batu Layar merupakan sebuah tempat suci yang biasanya dikunjungi seminggu setelah lebaran oleh warga sekitar. Perpaduan antara pemandangan, bangunan, dan budaya yang padu merupakan sebuah pengalaman yang berharga bagi wisatawan yang datang. Di daerah sekitar Pantai Senggigi, ada banyak penginapan dan hotel yang juga bisa disewa. Sebaiknya, penyewaan hotel dan penginapan dilakukan di hari biasa supaya bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Mulai merasa bosan dengan pemandangan pantai yang terlihat? Di Lombok, ada sebuah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung yang dimaksud adalah Gunung Rinjani. Ketika sudah sampai di kaki bukit, wisatawan bisa langsung menikmati hamparan padang rumput hijau yang membentak sejauh mata memandang. Seperti daerah gunung pada umumnya, hawa di sekitar Gunung Rinjani terasa sejuk, cukup kontras dengan hawa di sekitar pantai yang cukup terik.

Di Gunung Rinjani juga ada Danau Segara Anak. Air danau ini berwarna biru pekat dan terletak di tengah-tengah puncak Gunung Rinjani. Kalau cuacanya mendukung, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang indah dengan langit biru yang bersih.

Kalau ke Lombok, tentunya ada yang terasa kurang apabila wisatawan tidak mengunjungi Hutan Pusuk. Hutan ini cukup unik karena, hampir sama dengan Hutan Sangeh di Bali, ada monyet liar yang tinggal di hutan tersebut. Walaupun monyet-monyet tersebut termasuk binatang yang liar, mereka tidak sampai melukai wisatawan. Jadi, wisatawan masih bisa bermain atau memberikan makanan kepada monyet-monyet tersebut. Ada baiknya, wisatawan tetap menjaga barang bawaannya karena terkadang monyet-monyet ini bisa jadi usil.

Dengan keunikan tempat wisata ini, para wisatawan bisa mempunyai pengalaman unik dari kegiatan liburannya ke Lombok. Semua informasi ini membuktikan bahwa Lombok bisa jadi sebuah destinasi wisata yang asyik dengan berbagai macam pilihan. Masih ragu untuk berwisata ke Lombok?

Ikut Sasambo Greeneration Camp 4.0

Kalau masih ragu untuk bepergian sendirian ke Lombok, ikut Sasambo Greeneration Camp 4.0 bisa menjadi solusi yang baik untuk kamu. Sasambo Greeneration Camp 4.0 merupakan sebuah platform untuk anak muda usia 15-25 tahun yang ingin menjadi agen perubahan lingkungan.

Tahun ini, Sasambo Greeneration Camp 4.0 akan diselenggarakan di Lombok, pada 26-29 Juli 2019.

Platfrom ini diadakan dengan dasar adanya kekhawatiran akan kondisi bumi tempat tinggal kita semua yang semakin tua. Gerakan ini semakin berkembang sebagaimana berkembangnya populasi manusia di bumi ini. Harapannya, dengan diselenggarakannya platform ini, maka semakin banyak orang yang akan sadar dengan maslah lingkungan ini dan bisa menjaganya. Melalui program ini, partisipan diharapkan bisa menyebarkan informasi tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Tidak perlu cakupan yang luas, semuanya bisa dilakukan mulai dari lingkungan di sekitarnya.

Dalam program ini, akan ada seminar dan workshop yang berfokus pada isu ini. Bukan hanya itu, semua ilmu pengetahuan yang sudah didapat selama seminar dan workshop juga akan diimplementasikan secara langsung dengan cara menanam bakau di daerah pesisir pantai di Lombok. Dengan begitu, selain ilmu pengetahuan yang sudah didapat, kita juga masih bisa menikmati keindahan pemandangan lingkungan sekitar di Lombok.

Selain keuntungan yang sudah dijelaskan di atas, peserta Sasambo Greeneration Camp 4.0 juga bisa mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan kesadaran sosial akan kondisi di lingkungan sekitar.

Dua kemampuan ini merupakan kemampuan yang sangat penting bagi generasi muda calon agen perubahan. Semua kemampuan ini akan dikembangkan selama program ini berlangsung, bisa melalui kegiatan berkelompok yang diadakan saat seminar atau workshop, bisa juga melalui berbagai kegiatan bersama komunitas lokal yang akan difasilitasi oleh penyelenggara platform ini. Dengan adanya platform bagi anak muda dari berbagai latar belakang untuk saling berdiskusi dan mengembangkan potensinya masing-masing, kegiatan Sasambo Greeneration Camp 4.0 bisa menjadi kegiatan yang pas untuk berlibur sambil mengasah kemampuan yang kita punya.

Selain kedua keuntungan di atas, masih ada keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan berpartisipasi dalam platform ini. Dengan bergaul dan bercengkerama dengan para peserta dari berbagai negara di dunia, kita bisa mendapatkan jaringan pertemanan yang lebih luas dan pengetahuan baru tentang budaya-budaya tertentu dari suatu negara.

Dalam satu kesempatan, para peserta akan diberi kesempatan untuk menunjukkan budaya negara asalnya. Hal ini tentunya bisa digunakan sebagai ajang promosi tempat-tempat wisata yang direkomendasikan oleh peserta lain di dalam platform ini. Siapa tahu, dengan mengikuti kegiatan ini, kita malah bisa mendapatkan lebih banyak informasi lagi tentang destinasi wisata eksotis setelah kita berhasil menikmati keindahan alam di Lombok.

Ada juga kegiatan baru yang akan dilakukan selama Sasambo Greeneration Camp 4.0, yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dalam Sasambo Greeneration Camp 4.0, para peserta akan mengunjung Desa Ende, salah satu desa di Lombok. Dalam kunjungan ke desa ini, para peserta memiliki kesempatan untuk belajar tentang budaya orang-orang Sasak.

Orang-orang Suku Sasak masih menganut dan menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional yang berlaku di lingkungan Suku Sasak. Bisa dibayangkan betapa berharganya kesempatan untuk melihat dan berpartisipasi secara langsung dalam interaksi dan kegiatan orang-orang Sasak di lingkungannya.

Selain itu, akan ada proyek sosial. Para peserta akan diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Lombok Utara. Sekitar satu tahun yang lalu, telah terjadi gempa di Lombok Utara. Para peserta Sasambo Greeneration Camp 4.0 akan diberikan kesempatan untuk menghibur dan berbagi kebahagiaan bersama para korban gempa (terutama anak-anak).

Proyek sosial ini merupakan salah satu implementasi dari tujuan Sasambo Greeneration Camp 4.0, yaitu menumbuhkan kesadaran sosial terhadap kondisi-kondisi yang ada di lingkungan sekitar. Selain diselenggarakannya program tersebut, akan ada pembagian bantuan yang sudah dikumpulkan sebelumnya dari berbagai sumber dan donatur kepada para korban yang membutuhkan. Harapannya, bantuan ini bisa membuat para korban bisa kembali menjalani hidupnya dengan lebih positif.

Jadi, tunggu apa lagi?

Lombok merupakan salah satu destinasi liburan terbaik yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang selama liburan berlangsung. Letaknya yang strategis, yaitu di Indonesia, sebuah negara kepulauan yang berada tepat di garis khatulistiwa, membuatnya akan selalu berada pada iklim yang hangat.

Hal ini tentunya baik bagi wisatawan yang mencari suasana lebih hangat. Pantai-pantai bersih yang mengelilingi Pulau Lombok juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para peselancar, penyelam, atau bahkan yang hanya sekadar ingin bersantai menikmati pemandangan berupa lautan tanpa ujung yang indah dan menyejukkan mata. Sinar matahari yang tanpa akhir juga cocok bagi wisatawan yang ingin berjemur di pinggir pantai.

Kalau mau mencari tempat wisata selain pantai, di Lombok juga ada Gunung Rinjani dengan padang rumput yang luas di kaki gunungnya. Tepat di puncak Gunung Rinjani juga terdapat Danau Segara Anak dengan air jernih berwarna biru yang pekat. Dari puncak ini juga wisatawan bisa melihat pemandangan yang indah dari lautan awan sejauh mata bisa memandang. Di Lombok, wisatawan juga bisa mengunjungi Hutan Pusuk dan berinteraksi dengan monyet-monyet liar yang hidup di sana. Walaupun liar, mereka cenderung ramah dengan pengunjung. Hanya saja, para wisatawan diharapkan tetap berhati-hati dengan barang bawaannya.

Kalau masih ragu juga untuk datang sendiri ke Lombok, mengikuti Sasambo Greeneration Camp 4.0 bisa menjadi solusinya. Kapan lagi ada kesempatan untuk mengisi waktu liburan dengan acara yang bermanfaat di tempat yang indah? Sasambo Greeneration Camp 4.0 yang akan diadakan di Lombok, pada 26-29 Juli 2019, merupakan kesempatan berharga yang tidak bisa dilewatkan begitu saja bagi kamu, calon agen perubahan muda, yang ingin berlibur sambil memaksimalkan potensi yang kamu punya sebagai calon agen perubahan. Akan ada berbagai macam seminar, workshop, diskusi, dan kegiatan dengan warga sekitar yang bisa membuka matamu lebih lebar lagi tentang dunia dan masyarakat Lombok. Jadi, tunggu apa lagi? Segara daftarkan dirimu dan dapatkan pengalamannya! 🙂

Hari Prasad from India just Registered on Sasambo
x